-->

maul f

Fungsi Manajemen Keuangan



Masmaul.com - Fungsi manajemen keuangan menyangkut kegiatan perencanaan, analisis, dan pengendalian kegiatan keuangan. Ada dua kegiatan utama disebut sebagai fungsi manajemen keuangan. Tujuan manajemen keuangan untuk megambil keputusan keputusan keuangan yang benar, manajer keuangan harus bisa menentukan tujuan yang harus bisa dicapai untuk keberlangsungan perusahaan menghindari kerugian atau kebangkrutan. Keuangan perusahaan atau bisa disebut corporate finance. Penerapan konsep-konsep keuangan untuk pengambilan keputusan keuangan untuk level individu disebut personal finance. Untuk level negara disebut sebagai publik finance. Hanya saja untuk level perusahaan ada beberapa kekhususan.

Kekhususan pertama menunjukkan arti pentingnya tujuan normatifkeputusan keuangan. Kekhususan kedua ditunjukkan anatara lain dari peraturan pajak. Keuangan perusahaan dan agency theory. perusahaan yang b erbentuk perseroan terbatas terutama untuk yang telah menerbitkan saham di pasar modal. Masalah menunjukkan bahwa tujuan normatif perlu diberi catatan. pertama diciptakan mekanisme monitoring agar pihak agent memang melaksanakan keputusan keputusan untuk mencapai tujuan normatif tersebut.

Perkembangan manajemen keuangan. secara ringkas disiplin keuangan mengalami perkembangan dari displin yang deskriptif menjadi makin analitis dan teoritis. Meskipun demikian tetap dijumpai berbagai pertanyaan dan perdebatan dalam bidang teori keuangan. dengan demikian dalam mempelajari manajemen keuangan kita perlu bersikap terbuka tidak begitu saja apriori kalau menghadapipendapat yang berbeda.

Pertanyaan mengapa pasar finansial terbentuk. Pasar finansial menunjukkan pertemuan antara permintaan dan penawaran akan aktiva finansial atau yang sering disebut juga sekuritas. Contoh aktiva finansial adalah saham, obligasi, utang bank, kewajiban sewa guna, dan lain-lain. Maka dari itu pasar finansial ada karena pasar tersebut bertujuan unuk mengalokasikan tabungan-tabungan secara efisien kepada pemakai.

Alokasi tabungan tabungan yang terjadi dalam suatu perekonomian terjadi terutama berdasarkan atas harga yang ditanyakan dalam tingkatan keuntungan yang diharapkan. Disamping faktor resiko ada faktor -faktor seperti mudah tidaknya instrumen keuangan diperjual belikan dan jangka waktu jatuh tempo, juga akan mempengaruhi tingkat keuntungan yang diharapkan oleh para pemodal.

0 Response to "Fungsi Manajemen Keuangan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel