-->

maul f

Investasi Reksadana atau Saham

Masmaul.com - Memilih sebuah instrumen investasi memang susah-susah gampang. Bagi orang awam yang masih baru mengenal tentang investasi mungkin sedikit bingung investasi apa yang cocok buat mereka. Investasi sendiri memang ada yang mempunyai risiko rendah sampai tinggi.


Investasi Rekasadana atau saham memang mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri.
Bagi investor pemula sangat direkomendasikan untuk memilih investasi Reksadana karena investasi ini seorang investor hanya perlu menyetor sejumlah dana ke perusahaan sekuritas, sedangkan dana tersebut akan dikelola seorang Manajer Investor yang berpengalaman, sehingga kita tidak perlu merasa takut dan khawatir yang berlebihan karena dana kita dikelola seorang yang sudah berpengalaman didunia investasi.

Ada 4 macam investasi Reksadan yaitu :

1. Reksadana Pasar Uang

Reksadana macam ini adalah reksadana yang paling aman dan sangat direkomendasikan bagi investor pemula yang ingin mempunyai risiko sangat rendah. Agar dana investasinya tetap aman meski dengan keuntungan yang rendah pula.

2. Reksadana Pendapatan Tetap

Reksadana Pendapatan Tetap bertujuan untuk memberikan suatu tingkat pengembalian yang menarik dengan stabilitas modal. Risiko Reksadana Pendapatan Tetap ini berada di atas Risiko Reksadana Pasar Uang.

3. Reksadana Campuran 

Reksadana ini menawarkan kombinasi investasi dalam berbagai instrumen-instrumen Reksadana. Dalam tujuan Investasi Reksadan Campuran adalah memperoleh keuntungan jangka panjang dengan investasi pada saham, obligasi dan pasar uang. Namun keuntungan Reksadana Campuran tidak setinggi pada Reksadana Saham mengapa hal tersebut bisa terjadi? dikarenakan risiko reksadana campuran lebih rendah dibandingkan Reksadana Saham. Keunggulan Reksadana ini adalah komposisi portfolio bisa lebih fleksibel. Manajer Investasi bisa memilih dengan seksama instrumen=instrumen mana yang bagus dan dikombinasikan dengan berbagai instrumen lainnya. Bandingkan saja dengan Reksadana Saham yang hanya fokus di satu instrumen, sementara Reksadana Campuran bisa menggabungkan saham dengan hutang, obligasi dan lain sebagainya.

4. Reksadan Saham

Reksadana Saham adalah investasi yang mempunyai risiko yang sangat tinggi dibandingkan dengan ketiga reksadana sebelumnya. Namun semakin tingg risiko yang didapat seorang investor juga terdapat keuntungan yang sangat tinggi. Reksadan Saham cocok untuk para investor yang menyukai tantangan dan mental yang kuat pula.

Jadi sekarang teman-teman pilih sendiri mana yang cocok buat kalian. Karena dalam dunia investasi adalah High Risk High Return. semakin tinggi risiko semakin tinggi pula hasil imbal balik yang didapat.
Selamat berinvestasi dan sukses selalu...

0 Response to "Investasi Reksadana atau Saham "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel