-->

maul f

Menabung vs Investasi

Masmaul.com – Masih ingatkah temen-temen ketika duduk di bangku TK atau sekoah dasar, mungkin guru kita pernah berbicara tentang peribahasa “Rajin menabung pangkal kaya”. Memang tidak ada salah dengan peribahasa tersebut, namun di era yang canggih ini dan teredia banyak informasi bahwa sebenarnya menurut banyak orang sukses dan kaya, pangkal kaya bukan dari menabung melainkan investasi. Tidak ada orang kaya yang dari hasil menabung, hampir 99% orang kaya itu pasti investasi, banyak instrument investasi yang perlu dicoba semisal Reksadana, oblogasi, depositi, saham atau bahkan forex.



Ketika kita mempunyai dana dan kita masukkan di sebuah tabungan di bank konvensional, nilai uang yang kita tabung tersebut tidak akan mengalami kenaikan justru akan berkurang kafrena harus membaya biaya admin dan lain sebagainya. Namun ketika kita mempunyai sejumlah dana dan kita menginvestasikan dana tersebut, entah di reksadana atau bahkan saham nilai dana kita akan mengalami kenaikan berkali lipat. Namun perlu di ingat bahwa ilmu ekonomi adalah “high risk high return” , apa maksud dari kata-kata tersebut? Jadi semakin tinggi resiko yang kalian terima maka semakin besar pula hasil imbal balik ( penghasilan) kalian.
Bagi investor pemula memang ada baiknya memlih instrument yang low profil untuk mempelajari bagaimana investasi yang benar sehingga meminimalisir kerugian yang ada. Semisal untuk para investor pemula ada baiknya investasi di Reksadana karena sebagai investor kita hanya mendepositkan dana lalu dana tersebut akan dikelola seorang manajer investasi. Untuk reksadana sendiri memiliki resiko yang rendah samapai yang tinggi. Reksadana di bagi menjadi 4 bagian dari low profil sampai high profil.
1. Reksadana pendapatan tetap ( low profil )
2. Reksadana pasar uang ( medium profil)
3. Reksadana campuran ( bisa rendah resiko atau bahkan tinggi resiko terantung seorang manajer investasi menempatkan dana kita di instrument mana)
4. Reksadan saham ( high profil)
Jadi kesimpulannya adalah jika kita ingin mempunyai uang yang bisa berkembang ada baiknya kita memilih berinvestasi daripada menabung. Karena menabung uang kita tidak akan berkembang atau bertambah namun malah berkurang, sedangkan sebaliknya jika kita menginvestasikan dana kita secara benar maka uang kita akan berkembang dan bertambah sehingg mampu memjadi pasif income buat kita dimasa mendatang. Pilihan ada ditangan anda…
Selamat berinvestasi…

0 Response to "Menabung vs Investasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel