-->

maul f

Tipe dan Bentuk Pasar Modal yang Efisien

Masmaul.com –  Pasar modal yang efisien dapat didefinisikan sebagai pasar modal yang harga sekuritas-sekuritasnya mencerminkan semua informasi yang relevan. Akan tetapi apa yang dimaksud dengan informasi yang relevan itu ? Untuk itu informasi-informasi tersebut dapat diklasifikan menjadi tiga bentuk tipe teori pasar modal yang efisien.



  • Tipe yang pertama adalah informasi dalam bentuk perubahan harga diwaktu yang lalu.
  • Tipe yang kedua adalah informasi yang tersedia kepada public ( public information ).
  • Tipe yang ketiga adalah informasi yang tersedia baik kepada public maupun tidak ( public and private information ).

Ada tiga bentuk atau tingkatan untuk menyatakan efisiensi pasar modal.
Tingkat efisiensi yang pertama adalah keadaan dimana harga-harga mencerminkan semua informasi yang ada pada catatan harga diwaktu yang lalu. Dalam keadaan seperti ini pemodal tidak bias memperoleh tingkat keuntungan di atas normal dengan menggunakan trading rules yang berdasarkan atas informasi harga di waktu yang lalu. Keadaan ini bias disebut sebagai bentuk efisien yang lemah ( weak form efficiency ). Penelitian tentang random walk menunjukkan bahwa sebagian besar pasar modal paling tidak efisien dalam bentuk ini.
Tingkat efisiensi kedua adalah dimana keadaan harga-harga bukan hanya mencerminkan harga-harga diwaktu yang lalu, akan tetapi juga mencerminkan semua informasi yang dipublikasikan. Keadaan ini disebut sebagai bentuk efisiensi setengah kaut ( semi strong ). Dengan kata lain para pemodal tidak bias memperoleh tingkat keuntungan diatas normal dengan memanfaatkan public information. Para peneliti telah menguji keadaan ini dengan melihat peristiwa-peristiwa tertentu, seperti penerbitan saham baru, pemgumuman laba dan dividen, perkiraan tentang laba perusahaan, perubahan praktik-praktik akuntansi, merger dan pemecahan saham. Kebanyaka informasi ini dengan cepat dan tepat dicerminkan dalam harga saham.
Sedangkan tingkat efisiensi tingkat ketikga bentuk efisiensi yang kuat ( strong forms ) dimana harga tidak hanya mencerminkan semua informasi yang dipublikasikan tetapi juga informasi yang diperoleh dari analisis fundamental tentang perusahaan dan perekonomian. Dalam keadaan semacam ini pasar modal akan seperti rumah lelang yang ideal, harga selalu wajar dan tidak ada investor yang mampu memperoleh perkiraan yang lebih baik tentang harga saham. Kebanyakan tes dalam bentuk ini dilakukan terhadap prestasi berbagai portofolio yang dikelola secara professional. Studi ini menunjukkan bahwa setelah kita mempertimbangkan perbedaan risiko tidak ada suatu lembaga yang mampu mengungguli pasar secara konsisten dan bahkan perbedaan prestasi masingmasing portofolio tidaklah lebih besar dari apa yang kita harapkan secara kebetulan.
Pada umumnya disimpulkan bahwa berbagai pasar modal paling tidak memenuhi persyaratan efisiensi bentuk lemah, banyak yang telah memenuhi persyaratan efisiensi bentuk setengah kuat ( meskipun dijumpai berbagai penyimpangan atau anomaly) dan belum konklusif untuk efisiensi bentuk kuat.
Itulah tiga bentuk teori pasar modal yang efisiensi.

0 Response to "Tipe dan Bentuk Pasar Modal yang Efisien"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel