-->

maul f

Arti Manajemen dan Fungsinya

masmaul.com - Dalam setiap kegiatan suatu organisasi, manajemen sangat dibutuhkan untuk mengatur dan merencanakan suatu kegiatan tersebut agar berjalan dengan tepat sesuai visi-misi perusahaan tersebut. Dengan memiliki manajemen yang baik suatu organisasi akan mampu mengevaluasi kegiatan yang lebih efektif dan efisien


Manajemen merupakan sebuah proses yang bertujuan untuk mengatur sesuatu yang dilakukan oleh organisasi atau sekelompok individu untuk mencapai tujuan suatu organisasi tersebut dengan cara bekerjasama dan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki. Selain pengertian tersebut, manajemen dapat juga diartikan sebagai upaya pengorganisasian, perencanaan dan pengontrolan suatu sumber daya untuk mencapai suatu tujuan yang sudah direncanakan.
Pendapat para ahli ini bisa kita jadikan sebagai landasan untuk lebih memahami tentang ilmu manajemen.

Dan dibawah ini adalah definisi manajemen menurut 5 para ahli :

1. George R. Terry
Menurut George Robert Terry, pengertian manajemen adalah sebuah proses yang khas yang terdiri dari beberapa tindakan; perencanaan, pengorganinasian, menggerakkan, dan pengawasan.
Semua itu dilakukan untuk menentukan dan mencapai target atau sasaran yang ingin dicapai dengan memanfaatkan semua sumber daya, termasuk sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.

2. Hilman
Menurut Hilman, pengertian manajemen adalah fungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui perantara kegiatan orang lain serta mengawasi usaha-usaha setiap individu guna mencapai tujuan yang sama.

3. Mary Parker Follet
Menurut Mary Parker Follet, pengertian manajemen adalah sebuah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Dengan kata lain, seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan sebuah organisasi.

4. Dr. Bennett N.B Silalahi, M.A
Menurut Dr. Bennett N.B Silalahi, M.A, pengertian manajemen adalah ilmu perilaku yang terdiri dari aspek sosial eksak bukan dari tanggungjawab keselamatan serta kesehatan kerja baik dari sisi perencanaannya.

5. Ricky W. Griffin
Menurut Ricky W. Griffin, pengertian manajemen adalah sebuah proses perencanaan, proses organisasi, proses kordinasi, dan proses kontrol terhadap sumber daya untuk mencapai tujuan dengan efektif dan efisien.
Maksud dari kata efektif yaitu tujuan dapat tercapai sesuai perencana, dan secara efisien maksudnya tugas dijalankan dengan terorganisir, tepat,cepat dan selesai sesuai jadwal.

Fungsi Manajemen adalah sebagai dasar yang harus melekat dalam manajemen sebagai landasan menjadi seorang manajer dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab untuk mencapai tujuan dengan cara menganalisa, mengorganisasi, merencanakan dan mengendalikan suatu perusahaan agar sesuai yang diharapkan.

Berikut adalah fungsi-fungsi manajemen :

1.Perencanaan

Dalam suatu manajemen, suatu perencanaan sangatlah penting dalam bisnis. Karena seorang manajer harus dapat mengelola manajemen dalam menganalisa, merencanakan dan mengevaluasi dalam setiap tindakan yang sudah di rencanakan dan mampu tercapai sesuai tujuan awal.
Tanpa suatu perencanaan yang tepat dan efisien dalam manajemen yang sedang berkembang dapat membuat sebuah manajemen tidak dapat berjalan sesuai apa yang diharapkan suatu perusahaan tersebut. Bahkan manajemen yang tidak focus dengan suatu perencanaan dari awal akan mengakibatkan hal yang sangat fatal yaitu tidak akan beroperasinya lagi suatu perusahaan tersebut alias bangkrut. Maka dari itu perencanaa harus benar-benar difikirkan dan dianalisa dengan matang akan berjalan dengan baik.

2. Pengorganisasian

Pengorganisasian merupakan fungsi manajemen dalam suatu bisnis dengan mengatur dan membagi suatu kegiatan yang luas atau besar menjadi beberapa kegiatan-kegiatan kecil atau struktur yang lebih detail sehingga mampu mencapai tujuan sedetail mungkin. Tujuan tersebut untuk mempermudah manajer melakukan pengawasan dan mampu dengan mudah menentukan sumber daya yang dibutuhkan untuk setiap kegiatan yang sudah terstruktur. Jadi seorang manajer tahu apa saja yang harus dilakukan dan apa saja yang ingin dibutuhkan untuk mencapai tujuan manajemen.

4. Pengarahan

Fungsi manajemen sebagai pengarahan maksudnya adalah seorang pimpinan atau manajer harus mampu mengarahkan setiap kegiatan-kegiatan yang sudah direncanakan maupun sedang berjalan. Seorang manajer akan melakukan pengarahan dengan terstruktur untuk mencapai tujuan manajemen yang sudah direncanakan dari awal. Manajer adalah yang bertanggung jawab sehingga manajer harus mampu memecahkan masalah yang ada sehingga proses kegiatan dapat berjalan dengan baik.

5. Pengawasan ( Control )

Fungsi pengawasan adalah melakukan analisa dan evaluasi kinerja sumber daya perusahaan, fungsi pengawasan ini merupakan hal yang sangat penting juga karena jika tanpa pengawasan dapat terjadi hal yang tidak diinginkan, missal kegiatan tidak berjalan dengan baik dan benar mengakibatkan tidak tercapainya perencanaan yang sudah di rencanakan dari awal.

Dari penjabaran diatas bisa dikatakan manajemen harus dimiliki setiap perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan baik. Manajemen harus benar-benar di rencanakan dengan matang agar proses dalam suatu kegiatan dapat berjalan efektif serta tercapai visi-misi perusahaan tersebut.

0 Response to "Arti Manajemen dan Fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel