-->

maul f

Pengertian Benchmarking

masmaul.com - Pengertian Benchmarking adalah usaha mengadakan perbaikan baik yang bersifat continuos improvement maupun reengineering dengan melihat praktek bisnis yang terbaik di kelasnya. Benchmarking dapat juga merupakan suatu proses pengukuran yang berkesinambungan tentang suatu produk, praktek, pelayanan terhadap kompetitor atau bisnis lain yang terkuat.


Benchmarking merupakan suatu hal yang direncanakan dengan sistematik, secara baik dan berkesinambungan yang memerlukan tingkat suatu kesadaran yang tinggi dari berbagai pihak atau elemen yang mempunyai tujuan yang jelas serta mempunyai mekanisme untuk mengukur kinerja dan perubahan implementasi dalam suatu organisasi atau suatu perusahaan. Jika Benchmarking mengalami suatu kegagalan biasanya disebabkan karena suatu perencanaan yang kurang baik atau buruk dan tidak adanya dukungan dari pimpinan maupun dukungan didalam anggota organisasi tersebut sehingga mengalami suatu hambatan yang mengakibatkan kegagalan.

Oleh karenanya jika melaksanakan suatu Benchmarking seorang pemimpin dan seluruh anggota oraganisasi harus mempunyai dukungan serta tekat untuk mengadakan suatu perubahan agar bisa tercapai tujuan dengan baik dan jelas.

Tujuan Benchmarking
- Untuk mengadakan perubahan dan perbaikan.
- Untuk mempertahankan dan mengadakan peningkatan jangka panjang dari proses bisnis inti yang menyediakan keunggulan daya saing yang berkelanjutan.

Menurut Frost dan Fringle (1993) ada empat teknik Benchmarking yaitu :

1. Internal Benchmarking
Dilakukan dengan membandingkan kinerja antar divisi.

2. Competitive Benchmarking
Dikerjakan dengan membandingkan kualitas produk.

3. Generic Benchmarking
Dilakukan dengan proses transformasi dari input ke output.

4. Functional Benchmarking
Merupakan pembanding kapabilitas fungsi bisnis.

Itulah pengertian Benchmarking dan tujuan serta tekniknya menurut Frost dan Fringle (1993). Semoga bermanfaat..

0 Response to "Pengertian Benchmarking"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel