-->

maul f

Pengertian Total Quality Management ( TQM )

masmaul.com - Sebelum ke pokok pembahasan kalian harus tahu dulu apa itu Total Quality Management (TQM) dalam Ilmu Manajemen Kualitas. Dalam pengertian mengenai Total Quality Management, penekanan utama adalah pada kualitas yang didefinisikan dengan mengerjakan segala sesuatu dengan baik sejak dari awal dengan tujuan memenuhi kepuasan terhadap pelanggan. Hal ini yang melatar belakangi konsep zero defect.


Pengertian Total Quality Management atau TQM merupakan suatu penerapan metode kuantitatif dan sumber daya manusia untuk memperbaiki dalam penyediaan bahan baku maupun pelayanan bagi organisasi, semua proses dalam organisasi tingkatan tertentu dimana kebutuhan pelanggan terpenuhi sekarang dan dimasa yang akan datang.
Total Quality Management menghendaki komitmen ini harus disebarluaskan pada seluruh karyawan dan pada seluruh level departemen dalam suatu organisasi. Namun Total Quality Management bukanlah merupakan program atau sistem suatu organisasi melainkan TQM merupakan budaya yang harus di bangun dan selalu ditingkatkan oleh semua anggota oraganisasi atau sebuah perusahaan agar berorientasi pada kualitas pelayanan terhadap pelenggan.

Selain itu, konsep Total Quality Management sangat penting untuk mengembangkan sisitem organisasi manajemen kualitas. Filosofi Total Quality Management (TQM) merupakan filosofi untuk melaksanakan manajemen kulaitas. Namun bukan merupakan tujuan akhir suatu perusahaan atau suatu organisasi melainkan suatu cara untuk mencapai sasaran oragnisasi dengan membuat segala sesuatu dengan baik sejak awal dan dilakukan secara berulang-ulang dan terus menerus saling berkesinambungan.

Menurut Douglas dan Judge (2011) ada dua dimensi Total Quality Management (TQM) yang harus dilaksankan yaitu:

1. Tingkat Standarisasi ( level of standarization )
Merupakan standarisasi teknik- teknik Total Quality Management dan umpan baliknya yang membantu organisasi mengendalikan sistem dan proses.
2. Desentralisasi ( Decentralization )
Memungkinkan seorang karyawan mengeksplorasi dan mengadakan eksperimen dengan suatu gagasan dan ide- ide perbaikan proses yang kreatif.

0 Response to "Pengertian Total Quality Management ( TQM )"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel