-->

maul f

Teori Penentuan Harga Opsi manajemen keuangan

masmaul.com - Opsi merupakan pengindonesiaan kata option, yang menunjukkan hak untuk melakukan sesuatu. Hak (rights) maka pemodal atau manajer keuangan bisa melakukan atau tidak melakukannya. Opsi sering disebut sebagai financial derivatives.


Karakteristik opsi dapat diidentifikasi pada berbagai keputusan keuangan yang menimbulkan pilihan bagi pemodal. Contoh, dalam keputusan pembelian saham kita mungkin dihadapkan pada adanya kemungkinan atau pilihan untuk membatalkan pembelian saham tersebut. Dalam memilih sumber pendanaan pembelian saham tersebut, kita pasti diberikan opsi untuk membatalkan suatu perjanjian apabila kita menginginkannya. Hak untuk memilih tersebut akan mempunyai nilai dan bagaimana menaksir nilai hak (rights) tersebut perlu dikuasai oleh manajer keuangan. Hal ini disebabkan karena mungkin saja perusahaan akan menerbitkan sekuritas yang mempunyai karakteristik opsi atau manajer keuangan ingin melakukan pembelian saham pada sekuritas yang berkarakteristik opsi.

Ada dua tipe opsi yaitu Call dan Put .
Opsi call menunjukkan hak untuk membeli suatu aset dengan harga tertentu pada tanggal tertentu. Tanggal jatuh tempo tersebut disebut sebagai exercise date.
Contoh, Pak Tony menawarkan opsi call sebagai berikut :
Seandainya kita membeli opsi call tersebut maka pada tahun berikutnya kita akan memperoleh aset yaitu saham A dengan harga Rp 500, dari penerbit opsi tersebut. Apabila opsi call jatuh tempo harga saham A di atas Rp 500, maka kita akan memperoleh keuntungan kalau mengexercise ka opsi tersebut. Namun jika harga saham A dibawah Rp 500, maka niai call tersebut sama dengan nol rupiah karena tidak ada pemegang opsi yang ingi melakukan hak membeli saham dengan harga dibawah Rp 500.
Sedangkan opsi put menunjukkan hak untuk menjual suatu aset dengan harga tertentu pada waktu tertentu. Contoh kasus, perusahaan A menawarkan opsi put sebagai berikut. Dengan membeli opsi put tersebut, pemegang opsi put tersebut bisa menual suatu aset, misal saham X dengan harga Rp 1.000,00 satu tahun yang akan datang. Kapan opsi put tersebut akan mempunyai nilai ? yaitu apabila harga saham X pada saat jatuh tempo dibawah Rp 1.000, misalkan pada saat harga saham tersebut Rp750,00 maka pemegang opsi put tersebut akan datang kepihak yang menerbitkan opsi put tadi dan memintanya untuk membeli saham X dengan harga Rp1.000,00. Oleh karena di bursa harga saham X sebesar Rp750,00 maka pada saat opsi put di exercise kan nilai opsi put adalah Rp250,00 ( selisih antara harga Rp 1.000 dengan Rp750,00). Sebaliknya jika pada saat harga saham di atas exercise price maka nilai opsi put tersebut akan sama dengan nol rupiah.

0 Response to "Teori Penentuan Harga Opsi manajemen keuangan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel