-->

maul f

Arti Pasar Monopoli Murni

www.masmaul.com - Pasar Monopoli merupakan bentuk ektrem lawan dari bentuk pasar persaingan murni. Pada bentuk pasar ini akan dilihat ciri-ciri dasar perilaku penentuan harga dan output, impak sosial ekonomi serta pengaturan.
Bentuk-bentuk industri atau pasar maka model monopoli murni atau monopoli absolut adalah keadaan di mana hanya ada saru perusahaan yang merupakan produsen dan penjual suatu barang dan tak ada barang pengganti yang baik atau barang pengganti yang dekat.
Misalnya fasilitas jasa telepon. Di sini tidak ada barang pengganti kecuali jasa PT Telkom untuk jasa telepon lokal, interlokal, maupun antar negara. Tenaga listrik mungkin merupakan monopoli persero PLN ( Perusahaan Persero Listrik Negara ) di suatu daerah terpencil. PLN boleh dikatakan monopolis tenaga listrik pada beberapa waktu yang lalu meskipun sekarang tidak lagi karena adanya pembangkit sendiri oleh sektor industri untuk memenuhi keperluan mereka.

Industri Monopoli memberikanhasil alokasi sumber daya yang tidak optimal. Harga keseimbangan ditetapkan lebih tinggi dengan tiingat output lebih sedikit dibandingkan dengan pasar persaingan murni yang merupakan salah satu kritiknya, meskipun ada juga yang pro dengan monopoli. Oleh karena itu, ada upaya pemerintah untuk mengatur atau mengendalikan guna menghilangkan kejelekannya, termasuk pengambian alih kepemilikan menjadi BUMN ( Badan Usaha Milik Negara).

Bentuk pasar persaingan murni dan monopoli murni merupakan dua bentuk ekstrem pasar yang berlawanan. Dalam kenyataanya, bentuk pasar yang ada terletak di antara keduannya, mungkin lebih dekat dengan bentuk monopoli murni atau lebih dekat denagn bentuk persaingan murni.
Tidak mungkin menganalisa begitu banyak bentuk pasar yang ada di dunia nyata.
Karena itu pusatkan pada dua bentuk antara bentuk ekstrem tersebut.
Hal ini dilakukan agar dapat lebih mudah memahami hal-hal yang esensial saja tanpa mengurangi arti penting berbagai variasi bentuk pasar lain.

Bentuk persaingan pasar monopolis yaitu bentuk pasar yang mengandung unsur persaingan maupun unsur monopolis namun lebih dekat pada bentuk pasar persaingan murni.
Pasar Oligopoli yang merupakan bentuk pasar yang lebih dekat dengan bentuk pasar monopoli. Dua situasi utama merupakan model oligopoli tanpa kolusi dan model oligopoli dengan Kolusi.

Itulah Pasar Monopoli Murni dan Persaingan monopoli dan oligopoli.
Semoga bermanfaat dan jangan lupa selalu tinggalkan komen dibawah.

Terima kasih dan salam sukses buat kita semua...

0 Response to "Arti Pasar Monopoli Murni"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel